Pendidikan dan Potensi Kabupaten Sumenep

Lilik Rosida Irmawati 

Letak geografis wilayah kabupaten Sumenep memiliki peran strategis dalam rangka menunjang laju pertumbuhan dan perkembangan daerah sekitarnya sebagai pusat pengembangan wilayah. Tentu saja hal ini akan ditentukan oleh corak dan warna pendidikan yang akan digodok dan dikemas serta konsensus masyarakat pendidikan di Sumenep. 

Dalam artian, konsensus bukan merupakan urusan sesaat tetapi merupakan rangkaian dari tindakan, diskusi dan koreksi terus menerus berdasarkan umpan balik dari berbagai pihak yang berkepentingan, diantaranya pakar pendidikan, praktisi pendidikan, birokrasi pendidikan, legeslatif, ekskutif, perguruan tinggi dan semua unsur elemen masyarakat.

Kabupaten Sumenep yang terletak di ujung timur pulau Madura memiliki luas bagian daratan 1.146,927065 km 2 , dan bagian kepulauan dengan luas 946,530508 km2  (total luas wilayah 2.093,457573 km2), adapun luas wilayah perairan kurang lebih 50.000 km2 dengan panjang pantai 577,76 km. Adapun jumlah pulau yang dimiliki oleh kabupaten ini sebanyak 126 pulau, dengan rincian 48 pulau berpenghuni, 78 pulau tidak berpenghuni, 104 pulau bernama, dan 22 pulau tanpa nama. Sedangkan jumlah penduduk (berdasarkan sensus tahun 2005)  sebanyak 1.056.985 jiwa, terdiri dari laki-laki sebanyak 509.224 jiwa dan perempuan sebanyak 547.761 jiwa.

Berdasarkan data di atas, tidaklah mengherankan apabila Sumenep mempunyai potensi kekayaan Sumber Daya Alam yang sangat besar. Potensi tersebut bukan hanya pada hasil laut yang mencapai 137.4000 ton/tahun. Tetapi juga potensi sepanjang garis pantai/pesisir sebagai ladang-ladang terbuka untuk budidaya tanaman dengan nilai ekonomis tinggi, yaitu rumput laut. Begitu pula dengan hutan bakau (mangrove), karena hutan bakau merupakan tempat alamiah ikan berkembang biak sekaligus tempat yang  paling memungkinkan untuk beternak kepiting. Penyelamatan lingkungan di pesisir juga berdampak untuk mencegah abrasi, sekaligus memperbaiki ekosistem.

Yang tak kalah menarik dan cukup menghebohkan adalah potensi kekayaan alam yang berupa minyak bumi dan gas alam yang terdapat di sekitar perairan Giligenteng, pulau Karamian kecamatan Masalembu, dan desa Lebbeng kecamatan Pasongsongan. Adapun produksi yang dihasilkan dari eksploitasi pengolahan gas di perairan pulau Pagerungan Besar mencapai 350.000.000 MSCF/hari. Sedangkan di blok Maleo diperkirakan memproduksi gas alam sebesar 240.000.000 MSCF/hari. Sedangkan perusahaan pengelola hasil tambang gas dan minyak bumi yang beroperasi adalah Petroleum Beyond Indonesia, Trend Java Sea Blok 4, Mobile Oil, Hudbay Oil International, Dan Santos Oil.

Walaupun berada di kemiringan 0 – 500 m di atas permukaan laut dengan kondisi tanah gundul dan hidroligis, namun hasil pertanian tanaman pangan mampu mencukupi kebutuhan lokal, misalnya padi, jagung, kedelai, kacang tanah, kacang hijau maupun sayur-sayuran. Sedangkan hasil perkebunan yang paling potensial adalah emas hijau, tembakau. Produksinya mencapai 13.798 ton/tahun. Hasil perkebunan Dan kehutanan lainnya adalah jambu mente, siwalan, kapuk randu, pinang, cabe jamu, asam Jawa, mangga, pisang, nangka, kedongdong, semangka serta hasil hutan yang berupa kayu jati, kayu rimba dan kayu putih.

Adapun industri andalan yang merupakan produk unggulan adalah industri garam. Pengelola lahan garam adalah PT GARAM (PERSERO) dengan kapasitas produksi per tahun 135.000 ton, sedangkan yang dikelola oleh Garam Rakyat dengan kapasitas produksi mencapai 124.140 ton/tahun serta dikelola oleh 1.296 unit usaha. Sedangkan industri lain seperti meubel kayu di Sumenep terdapat 328 unit usaha. Sentra dari industri ini terletak di desa Karduluk, kecamatan Pragaan dengan omset rata-rata per bulan mencapai 1,75 M dengan penyerapan tenaga kerja sekitar 425 orang.

Industri unggulan lainnya adalah industri batik tulis yang terkonsentrasi di desa Pakandangan Barat, kecamatan Bluto. Ada sekitar 55 unit usaha dengan omset penjualan rata-rata per bulan sekitar 85 juta. Begitu pula dengan industri keris yang terkonsentrasi di desa Aeng Tongtong dan desa Palongan kecamatan Bluto. Di dua desa tersebut terdapat 187 unit usaha. Sedangkan di wilayah kepulauan, yakni di pulau Ra’as, terdapat sekitar 146 unit usaha industri kerajinan kerang/manik-manik. Produk kerajinan dari Ra’as ini yang memenuhi galeri-galeri seni di pulau Bali, karena dari pulau kecil inilah barang-barang asesoris yang antik, indah dan menarik diproduksi. Adapun omset penjualan pertahun lebih dari 1 milyar.

Begitu pula dengan industri makanan, industri makanan olahan memiliki ciri khas dan rasa tersendiri, baik yang berasal dari olahan hasil pertanian maupun hasil laut. Untuk industri kripik singkong ada 96 unit usaha, krupuk ikan 157 unit usaha, petis ikan 275 unit usaha, rengginang 35 unit usaha, terasi 191 unit usaha dan gula siwalan terdapat 2.527 unit usaha.

Industri lainnya adalah industri rokok, sampai dengan tahun 2005 ada sekitar 15 unit usaha industri rokok formal dengan kapasitas produksi rata-rata per tahun sebanyak 107 juta batang dan menghasilkan omset penjualan rata-rata per tahun senilai kurang lebih 13 milyar. Industri lainnya adalah industri perahu kayu yang tersebar di kecamatan Saronggi, Talango, dan Masalembu dengan kapasitas produksi per tahun rata-rata 2,7 milyar.